Sunday 7 December 2014

Ikatan

Bercerita ataupun berbagi cerita kadang menjadi hal yang mustahil ketika siapapun memutuskan untuk tidak lagi berhubungan. Ada banyak alasan yang biasanya dijadikan batasan untuk tidak lagi menyapa. Dalam sedih, dalam senang, atau dalamnya saku celana training milik pegawai kantoran. Dan dalam waktu yang tak bisa dijumlah, dikali, atau dibagi dengan tetangga sebelah, siapapun bisa kembali saling mengingat dan kangen. Dan ketika itu terjadi, akan ada banyak ekspresi yang muncul. Sebal karena usaha untuk melupakan akhirnya batal hanya karena satu pesan sialan. Tertawa karena akhirnya ada yang kalah. Bangga karena itu bukan dia.

Tapi berhentilah berlangganan dengan standart yang itu- itu saja. Ini bukan tentang siapa yang kalah, siapa yang menang, atau siapa yang menjadi donatur tetap. Ini hanya tentang bagaimana mengambil keputusan. Itu saja sudah cukup.

Lusa, siapapun pernah menjadi cerewet, pendiam dan penuh tanda tanya. Pernyataan selalu ada langkah kedua yang penuh keyakinan akhirnya bisa terwujudkan dalam parodi ringan seusai jamuan makan malam. Bercanda, saling bertanya kabar dan banyak bicara. Sebuah sikap antusias tentunya diperlukan dalam hal itu, dan secara bergantian seperti permainan kelereng.

#
Hup
Setelah melewati jeda istirahat yang cukup membuat siapapun tersentak kaget, para peserta kudeta terbuka kini sudah mulai bersiap menjajaki tempat baru mereka. LOG SUN. Tempat dimana tak ada rute siang disana. Gelap, gelap dan gelap. Siapapun boleh meminjam lilin, obor, atau gengganman tangan dari pasangan untuk membantu menemukan jalan. Karena peraturan kali ini mewajibkan peserta untuk saling berpasangan. Ini seperti bernostalgia dengan sesuatu yang bahkan belum pernah terjadi. Tentang berpasangan, siapapun tidak boleh bebas memilih. Ini bukan seperti dalam acara pemilhan ketua osis disekolahmu, atau saat pesta demokrasi sedang asyik digelar di negaramu yang akan memberikan kebebasan untuk memilih. Karena ini sudah ditetapkan, maka tidak ada lagi kata protes dari jaksa penuntut.

###

Log sun
Bercerita mungkin akan menjadi kebiasaan. Seperti jari- jemari yang berusaha mengaitkan kancing baju yang rutin dilakukan setiap hari selain hari libur. Atau ketika dijam- jam tertentu, tanda sadar memeriksa handphone barangkali ada pesan dari saudara si pacar. Tapi menebak apa- apa yang sedang terjadi bukanlah hal yang ideal. Dan langsung mempersilakan siapapun melihat mungkin itu sebuah pilihan.


#
Dari sisi Rubik Diora dan Amora.





No comments:

Post a Comment